Menu Lainnya

SISTEM ONLINE

DOWNLOAD

Data Profile Program Studi S1 Ilmu Keperawatan


Nama Ketua Program Studi Yetti Fauziah Silalahi, S.Kep, Ns, M.Kep
Tampat Lahir P. Siantar
Tanggal Lahir 28-10-1980
Jenjang Pendidikan
  • D-3 Keperawatan Yayasan Akper RS. Haji Medan
  • S1 Keperawatan STIKes Mutiara Indonesia
  • Profesi Ners STIKes Mutiara Indonesia
  • Magister Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

DESKRIPSI SINGKAT

Program studi ilmu keperawatan merupakan salah satu program studi yang ada di STIKes RS. Haji Medan, yang bertujuan untuk mempersiapkan lulusan menjadi calon perawat professional. Program Studi Ilmu Keperawatan mempunyai jenjang  Pendidikan tahap akademik dan Program Profesi Ners. Tahap akademik ditempuh selama 4 tahun (8 semester) dengan total beban kredit 144 SKS. Pembelajaran pada tahap akademik menggunakan pendekatan problem based learning dan student centered learning untuk melatih kemapuan analisis kemampuan mahasiswa selama proses pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan didalam kelas, praktek laboratorium dan praktek klinik diberbagai pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, klinik dan puskesmas.

 

VISI DAN MISI

VISI

Pada tahun 2020 menjadi program studi ilmu keperawatan dan ners yang terkemuka dan islami di Indonesia dengan keunggulan keperawatan medikal bedah (manajemen nyeri).

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan ilmu keperawatan yang berbasis kompetensi (soft skill dan hard skill) dan berorientasi pada pengembangan keunggulan dalam manejemen nyeri
  • Mengembangkan penelitian dengan menghasilkan produk penelitian yang inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu keperawatan
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan penekanan pada upaya preventif dan promotive di bidang keperawatan melalui dakwah kesehatan
  • Mengembangkan asuhan keperawatan yang bersifat kontiniu dan berkesinambungan kepada masyarakat berfokus pada manejemen nyeri
  • Merealisasikan pendidikan ilmu keperawatan dan ners yeng berbudaya islami untuk menghasilkan lulusan tenaga keperawatan yang professional, beramal ilmiah dan berakhlak mulia
  • Menjalin kerjasama di bidang keperawatan yang sinergisdan berkelanjutan dengan stakeholders

 

KOMPERENSI PROGRAM STUDI

Kompetensi Utama:

  • Melakukan komunikasi secara efektif
  • Melaksanakan pendidikan kesehatan
  • Mampu menerapkan aspek legal dan etis dalam praktek keperawatan
  • Mampu melaksanakan asuhan keperawatan professional di tatanan klinik dan komunitas
  • Mampu mengapikasikan kepemimpinan dan manajemen keperawatan
  • Mampu menjalin hubungan interpersonal
  • Mampu melakukan penelitian sebagai peneliti pemula
  • Mampu mengembangkan profesionalisme secara terus menerus atau belajar sepanjang hayat

Kompetensi Penunjang

  • Mampu berkontribusi dalam asuhan keperawatan terkait isu-isu global
  • Mampu menerapkan Bahasa asing dalam meningkatkan profesionalisme dan daya saing

Kompetensi lainnya

  • Mampu menunjukkan keunggulan dalam pembeian asuhan yang menggunakan pendekatan mitra dengan masyarakat
  • Mempu membangun kemitraan yang bermartabat melalui inovasi dalam keperawatan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sikap:

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan.
  • Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia.
  • Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggungjawabnya.

Pengetahuan

  • Menguasai konsep teoritis ilmu dasar keperawatan, ilmu keperawatan dan teori-teori keperawatan
  • Menguasai prinsip, teknik dan prosedur pelaksanaan asuhan keperawatan generalis pada area keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa dan keperawatan komunitas pada sistem klie
  • Menguasai konsep teoritis, prinsip, dan teknik komunikasi efektif dalam pemberian asuhan keperawatan
  • Menguasai konsep teoritis, prinsip, dan teknik komunikasi efektif dalam melakukan negosiasi di tingkat lokal dan nasional
  • Menguasai konsep, prinsip, dan teknik edukasi kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan primer, sekunder dan tertier pada sistem klien
  • Menguasai konsep dan prinsip manajemen asuhan keperawatan kepada sistem klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan
  • Menguasai teori dan prinsip pendekatan ilmiah dalam menyelesaikan masalah kesehatan
  • Mampu menguasai konsep dan prinsip terapi komplementer dalam pemberian asuhan keperawatan
  • Mampu menguasai konsep dan prinsip penanganan bencana (disaster) dalam pelayanan kesehatan
  • Mampu menganalisis tren dan isu keilmuan keperawatan/kesehatan

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapakan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan oleh pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Keterampilan Khusus

  • Mampu merancang rencana asuhan keperawatan yang holistik dan berkesinambungan dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif pada sistem klien dengan menjamin keselamatan klien (client safety) pada kasus simulasi
  • Mampu mengaplikasikan konsep teoritis, prinsip, dan teknik komunikasi efektif dalam melakukan asuhan keperawatan pada kasus simulasi (sistem klien)
  • Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip manajemen asuhan keperawatan kepada sistem klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan pada kasus simulasi
  • Mampu menyelesaikan masalah kesehatan melalui langkah-langkah pendekatan ilmiah
  • Mampu merancang strategi edukasi kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan primer, sekunder dan tertier pada sistem klien
  • Mampu mengaplikasi konsep teoritis, prinsip, dan teknik komunikasi efektif dalam melakukan negosiasi di tingkat lokal dan nasional
  • Mampu berkomunikasi berkomunikasi dalam bahasa Inggris
  • Mampu merancang pelayanan dan asuhan perawatan di berbagai karakteristik wilayah
  • Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha di bidang kesehatan (contoh mengidentifikasi alat bantu kebersihan diri)
  • Mampu mengidentifikasi hasil evidence based practice dalam asuhan keperawatan
  • Mampu mengaplikasikan teknologi informasi komunikasi
  • Mampu menampilkan jiwa kepemimpinan dalam berbagai situasi
  • Mampu mangaplikasikan nilai-nilai kemanusiaan dan peka budaya
  • Mengaplikasikan perilaku professional caring