Menu Lainnya

SISTEM ONLINE

DOWNLOAD

Data Profile Program Studi Profesi Ners


Nama Ketua Program Studi Yetti Fauziah Silalahi, S.Kep, Ns, M.Kep
Tampat Lahir P. Siantar
Tanggal Lahir 28-10-1980
Jenjang Pendidikan
  • D-3 Keperawatan Yayasan Akper RS. Haji Medan
  • S1 Keperawatan STIKes Mutiara Indonesia
  • Profesi Ners STIKes Mutiara Indonesia
  • Magister Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

DESKRIPSI SINGKAT

Program Studi Profesi Ners ini merupakan program lanjutan dari mahasiswa STIKes RS. Haji Medan untuk menjadi seorang perawat profesional, yang wajib ditempuh setelah lulus program akademik yang bergelar Sarjana Keperawatan. Program Studi Profesi Ners ini di tempuh mahasiswa selama 1 tahun (2 semester) dengan total beban SKS sebanyak 36 SKS. Tujuan diselenggarakannya Program Profesi ini untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam memperoleh pengalaman nyata untuk mencapai kemampuan profesional yang mencakup kemampuan intelektual, interpersonal dan skills dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan kepada klien.

VISI DAN MISI

VISI

Pada tahun 2020 menjadi program studi ilmu keperawatan dan ners yang terkemuka dan islami di Indonesia dengan keunggulan keperawatan medikal bedah (manajemen nyeri)

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan ilmu keperawatan yang berbasis kompetensi (soft skill dan hard skill) dan berorientasi pada pengembangan keunggulan dalam manejemen nyeri
  • Mengembangkan penelitian dengan menghasilkan produk penelitian yang inovatif sesuai dengan perkembangan ilmu keperawatan
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan penekanan pada upaya preventif dan promotive di bidang keperawatan melalui dakwah kesehatan
  • Mengembangkan asuhan keperawatan yang bersifat kontiniu dan berkesinambungan kepada masyarakat berfokus pada manejemen nyeri
  • Merealisasikan pendidikan ilmu keperawatan dan ners yeng berbudaya islami untuk menghasilkan lulusan tenaga keperawatan yang professional, beramal ilmiah dan berakhlak mulia
  • Menjalin kerjasama di bidang keperawatan yang sinergisdan berkelanjutan dengan stakeholders

KOMPETENSI PROGRAM STUDI

Kompetensi Utama:

  • Mampu memberikan asuhan keperawatan pada kasus umum secara holistik dan berkesinambungan dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif sistem klien pada kasus simulasi
  • Mampu melakukan edukasi kesehatan dan promosi kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan primer, sekunder, dan tertier pada sistem klien
  • Mampu menerapkan prinsip patient safety pada praktik keperawatan
  • Mampu menerapkan manajemen nyeri padapraktek keperawatan
  • Mampu melakukan pemecahan masalah keperawatan melalui langkah-langkah pendekatan ilmiah
  • Mampu menganalisis penerapan konsep organisasi, kepemimpinan, dan manajemen dalam pengelolaan asuhan keperawatan

Kompetensi Penunjang:

  • Mampu menggunakan prinsip-prinsip teknik komunikasi efektif dan kolaborasi tim kesehatan pada kasus simulasi
  • Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha bercirikan inovasi di bidang keperawatan
  • Mampu menerapkan teknologi informasi di bidang keperawatan
  • Mampu menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam konteks keperawatan
  • Mampu merencanakan pengelolaan pasien kritis

Kompetensi Lainya:

  • Mampu menampilkan perilaku profesional dalam keperawatan
  • Mampu menerapkan konsep transkultural dalam pemberian asuhan keperawatan yang peka budaya
  • Mampu mengidentifikasi terapi komplementer terutama mengatasi nyeri dalam pemberian asuhan keperawatan

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Sikap

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, danetika
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara danbangsa
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal oranglain
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkanpancasila
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat danlingkungan
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dankewirausahaan
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secaramandiri
  • Mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputikemampuanmenerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturanperundangan
  • Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis danpeka budaya sesuai dengan Kode Etik PerawatIndonesia
  • Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggungjawabnya.

Penguasaan Pengetahuan

  • Menguasai filosofi, paradigma, teori keperawatan, khususnya konseptual model dan middle rangetheories
  • Menguasai konsep teoritis ilmubiomedik
  • Menguasai nilai-nilai kemanusiaan(humanityvalues)
  • Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan keluarga, keperawatan gerontik, dan keperawatan komunitas, keperawatan gawat darurat dan kritis, manajemen keperawatan, serta keperawatanbencana
  • Menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhankeperawatan
  • Menguasai konsep teoretis komunikasiterapeutik
  • Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier
  • Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS) pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana;i.menguasai konsep dan prinsip manajemen keperawatan secara umum dan dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanankesehatan
  • Menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan
  • Menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners, keselamatan pasien dan perawatan berpusat atau berfokus padapasien
  • Menguasai metode penelitian ilmiah.

Keterampilan Khusus

  • Mampu memberikan asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhankeperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah atau belumtersedia
  • Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi (keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, atau keperawatan komunitas (termasuk keperawatan keluarga dan keperawatan gerontik) sesuai dengan delegasi dari nersspesialis
  • Mampu melaksanakan prosedur penanganan trauma dasar dan jantung (basic trauma and cardiac life support/BTCLS) pada situasi gawat darurat/bencana sesuai standar dankewenangannya
  • Mampu memberikan (administering) obat oral, topical, nasal, parenteral,dansupositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan
  • Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk menetapkan prioritas asuhankeperawatan
  • Mampu menyusun dan mengimplementasikan perencanaan asuhan keperawatan sesuai standar asuhan keperawatan dan kode etik perawat, yangpeka budaya, menghargai keragaman etnik, agama dan faktor lain dari klien individu, keluarga danmasyarakat
  • Mampu melakukan tindakan asuhan keperawatan atas perubahan kondisi klien yang tidak diharapkan secara cepatdan tepat dan melaporkan kondisi dan tindakan asuhan kepada penanggung jawabperawatan
  • Mampu melakukan evaluasi dan revisi rencana asuhan keperawatan secara reguler dengan/atau tanpa tim kesehatanlain
  • Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat untuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya
  • Mampu melakukan studi kasus secara teratur dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi serta peer review tentang praktik keperawatan yang dilaksanakannya
  • Mampu melaksanakan penanganan bencana sesuaiSOP
  • Mampu melakukan upaya pencegahan terjadinya pelanggaran dalam praktik asuhankeperawatan;m.mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat dalam lingkuptanggungjawabnya
  • Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategisorganisasi
  • Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan,meningkatkangaya hidup dan lingkungan yang sehat.

Keterampilan Umum

  • Bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik, dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerjaprofesinya
  • Membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dankreatif
  • Menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh masyarakatakademik
  • Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yangbermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakatterutama masyarakat profesinya
  • Meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja; bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengankode etik profesinya
  • Melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat;h.memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya
  • Bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidangprofesinya
  • Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dankliennya
  • Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembanganhasil kerjaprofesinya
  • Meningkatkan kapasitas pembelajaran secaramandiri.